SEJARAH

SMP NEGERI 19 PALU

A. Sejarah Singkat Sekolah

Sekolah Menengah Pertama Negeri 19 Palu merupakan SMP Negeri berlokasi di Kelurahan Tondo Kecamatan Mantikulore, di Wilayah Utara Kota Palu di Provinsi Sulawesi Tengah, di bangun pada tahun 1997 dengan nomor SK 13.a/0/199 tanggal 29 Januari 1998 dengan status kepemilikan Pemerintah Daerah dengan pembangunan gedung sekolah terdiri dari ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, keterampilan, ruang kepala sekolah, dan ruang tata usaha, di atas areal tanah seluas 20.000 m2.

Kondisi Sosial masyarakat sekitar sekolah ini sangat heterogen dengan tingkat kesejahteraan menengah kebawah. Hal ini dapat dilihat dari berbagai komunitas penduduk di sekitar sekolah. Penduduknya terdiri dari para Profesional (Dokter, Engineer, Praktisi Hukum dll.), Pengusaha, Dosen, Guru, Karyawan Perusahaan Pemerintah dan swasta serta hanya sebagian kecil yang bekerja di bidang pertanian khususnya penduduk aslinya. Pendirian sekolah tersebut merupakan keinginan dan atas swadaya masyarakat Tondo dan sekitarnya. Hal ini disebabkan karena semua tamatan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama baik yang ada Kelurahan Tondo, Kelurahan Taipa, dan Kelurahan Layana Indah tidak dapat melanjutkan pendidikan pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (setara SMP), sehingga masyarakat berinisiatif mendesak pemerintah Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah untuk mendirikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang disebut SMP Negeri 19 Palu.

Pada tahun 2017 tepatnya bulan November 2017 terjadi pergantian Kepala sekolah yaitu dari Pak Drs. Alfrets Royke Pandean., ke Pak Ilman, S.Pd., M.Pd., dan Pak Ilman, S.Pd., M.Pd., mulai melaksanakan tugasnya di SMP Negeri 19 Palu pada bulan Desember 2017 sampai sekarang. Mulailah pada saat itu pembangunan di SMP Negeri 19 Palu digalakkan dengan tiga (3) titik fokus yaitu (1) perbaikan sarana dan prasarana, (2) peningkatan kinerja dan kualitas guru dan tenaga administrasi, dan

  • peningkatan kualitas peserta didik.

Sekarang ini SMP Negeri 19 Palu berbenah diri mengejar segala ketertinggalannya. Alhamdulilah dengan semangat kekeluargaan dan kerjasama yang tinggi di SMP Negeri 19 yang mempunyai personil berjumlah 45 (guru 24, tenaga administrasi 7, guru honor 7 dan tenaga admistrasi honor 7 orang) dan jumlah siswa 282 tersebar dalam 10 kelas dapat memperoleh akreditasi A dengan predikat baik sekali yang sebelumnya akreditasi B. Ini membuktikan bahwa SMP Negri 19 Palu bisa lebih maju kedepannya.

Berikut Tabel pergantian pimpinan SMP Negeri 19 Palu, yaitu sebagai berikut:

NoNamaMasa KepemimpinanKeterangan
1.Hana Lamakua, SE1997 – 1999 
2.Idris M. Timumun, S.Pd1999 – 2000 
3.Darma Burase, S.Pd2000 – 2003 
4.Drs. Rahmat2003 – 2005 
5.Mustika DJ. Korompot, S.Pd2005 – 2008 
6.Arsid Nurdin, S.Pd2008 – 2011 
7.Drs. Alfrtes Royke Pandean, M.Si2011 – 2017 
8.Ilman Usman, S.Pd., M.Pd2017 – Sekarang 

(Sumber: Pegeawai Tata Usaha SMPN 19 Palu)

SMP Negeri 19 Palu mempunyai visi yaitu“ Terwujudnya Pendidikan yang berkualitas, kompetitif, dan mampu  bersaing secara global yang dilandasi Imtaq, Iptek, Budaya dan lingkungan“

Untuk mewujudkan visi di atas, maka misi SMP Negeri 19 Palu adalah sebagai berikut:

  • Mewujudkan Pendidikan yang menghasilkan lulusan yang cerdas terampil, beriman, bertaqwa, disiplin dan memiliki keunggulan yang kompetitif.
    • Mewujudkan Pendidikan yang bermutu efisien dan relefan dengan 8 ( Delapan Standar Pendidikan Nasional )
    • Mewujudkan Pendidikan yang adil dan merata serta peduli Kaum Dhuafa
    • Mewujudkan sistim Pendidikan yang transparan, akuntabel, partisipatif dan efektif.
    • Mewujudkan sistim pembelajaran yang inofatif dan dilandasi sistim CTL, serta ditunjang dengan pemanfaatan teknologi informatika.
    • Mengoptimalkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ).
    • Mewujudkan sekolah yang sehat dan berwawasan lingkungan

B. Keadaaan Sekolah

SMP Negeri 19 Palu terletak di jalan Untad I Bumi Roviga Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu. Dengan batas-batas sebagai berikut;

  • Sebelah Timur : Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah
  • Sebelah Utara : Kampus Universitas Tadulako
  • Sebelah Barat : Rumah Sakit Universitas Tadulako
  • Sebelah Selatan : Perumahan Dosen UNTAD